keylor navas dipastikan absen bela kosta rika

Keylor Navas Dipastikan Absen Bela Kosta Rika

  • 14 November 2018
  • By Admin: admin
  • Comment: 0

Jelang partai final Copa Amerika, Kosta Rika harus menerima kenyataan berangkat tanpa kiper andalannya yaitu Keylor Navas. Pasalnya  penjaga gawang Real Madrid itu dinyatakan mengalami cedera serius dan harus menepi untuk waktu yang cukup lama, sehingga tak mungkin untuknya bergabung bersama timnas selama kompetisi tim benua Amerika itu berlangsung dari 3 hingga 26 Juni Juli mendatang.

Absennya pemain 29 tahun tersebut diumumkan secara resmi oleh Federasi Sepak Bola Kosta Rika, yang menyebutkan bahwa Navas mengalami cedera achilles pada engkel kaki kirinya. Cedera ini juga pernah dialaminya tahun lalu dimana dia juga harus absen saat harus membela Kosta Rika pada kompetisi Piala Emas. Menurut perwakilan federasi, jika dia dipaksa bermain, dikhawatirkan bisa membuatnya mendapat komplikasi cedera yang malah akan membuat pemulihan lebih lama lagi. Pelatih Ramirezpun mengaku sedang memikirkan untuk mencari kiper berkualitas lainnya yang akan mengisi posisi yang ditinggalkan Navas.

keylor navas absen bela kosta rika

Siapa Sosok Pengganti Keylor Navas?

Keberadaan sosok Keylor Navas di tengah skuat timnas Kosta Rika memang sangat penting, mengingat dia menunjukkan performa yang sangat luar biasa selama membela klubnya musim ini yaitu Real Madrid. Dia juga masuk dalam jajaran penjaga gawang terbaik yang dimiliki Liga Eropa saat ini, dan disandingkan dengan Petr Cesc milik Arsenal, Buffon yang menjadi sosok penting Italia. Bahkan musim ini dia mencetak clean sheet terbanyak dan membuat Real Madrid menjadi salah satu tim yang minim kebobolan dalam semusim.

Dengan prestasi tersebut dia juga menjadi sosok yang tidak akan digantikan oleh manajamen klub Real Madrid, bahkan ketika dibandingkan dengan kiper Spanyol sekelas Iker Casillas dan David De Gea, banyak yang tetap memilihnya untuk tetap berada di bawah mistar gawang. Mantan punggawa Los Blancos Diego Lopez juga mengungkapkan bahwa El Real tak perlu membeli kiper baru musim panas mendatang, karena dengan Keylor Navas saja sudah cukup, dan terbukti mampu mempertahankan superior klub tersebut.

Bicara soal prestasi Keylor Navas sudah tak diragukan lagi, karena dia pernah menyabet gelar penjaga gawang terbaik Piala Emas CONCACAF tahun 2009. Sehingga siapapun yang menjadi penggantinya nanti akan memiliki tugas berat menjaga gawang dari kebobolan. Apakah Alvarado yang baru 14 kali tampil bersama klub Turki Trabzonspor, Pemberton, atau Moreira yang juga masuk dalam skuat bayangan yang diumumkan oleh pelatih Ramirez. Karena semua sosok kiper tersebut masih memiliki jam terbang lebih sedikit ketimbang Navas. Dan pastinya akan berdampak pada performa tim selama Copa Amerika berlangsung.

Keylor Navas Tak Ada, Kosta Rika Terancam Pulang Awal

Ancaman pulang lebih awal membayangi Kosta Rika yang akan berlaga tanpa Keylor Navas , sebab berada di grup A bersama Amerika Serikat, Kolombia, dan Paraguay, persaingan dipastikan sangat ketat. Mengingat Amerika Serikat merupakan tuan rumah tahun ini, dan pasti sudah mempersiapkan diri lebih maksimal. Belum lagi Kolombia yang akan diperkuat sejumlah pemain dunia yang dipastikan sehat saat kompetisi berlangsung. Serta pengoleksi gelar juara Copa Paraguay yang juga akan memberikan perlawanan dahsyat demi mendapat satu tiket ke babak selanjutnya. Ramirez memang harus jeli memilih siapa yang akan jadi kiper utama, jika tidak ingin gawangnya terus-terusan kebobolan saat melawan semua tim tangguh tersebut.

Bicara soal skuat timnas Kosta Rika memang bisa dibilang saat ini sangat bertumpu pada sosok Keylor Navas yang sudah mendunia dan menjadi perhatian publik karena talentanya yang luar biasa. ketika dia absen membela negaranya, otomatis skuat akan jadi timpang, dan membuat harapan jadi juara bisa pupus, kecuali pelatih bisa meracik strategi ampuh untuk memaksimalkan pemain yang ada.