7 Cara Alami Hilangkan Keputihan

  • 9 November 2018
  • By Admin: admin
  • Comment: 0

Umumnya, keputihan adalah kondisi yang normal dan umum dialami oleh setiap wanita. pasalnya, reaksi alami ini merupakan bentuk pengamanan organ reproduksi wanita untuk menghilangkan sel mati dan bakteri yang menghuni daerah kewanitaan. Sayangnya, beberapa keputihan meskipun normal ternyata juga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal dan perih. Inilah yang kemudian mengakibatkan banyak wanita yang mencari cara untuk menghilangkan keputihan tersebut.

keputihan1

Berbeda lagi jika keputihan ternyata berlangsung tidak normal dan menyebabkan banyak kondisi tidak wajar seperti rasa nyeri dan gatal berlebihan, panas, hingga cairan keputihan yang berbau dan berwarna. Tentu saja jika sudah mencapai kondisi yang demikian, keputihan sudah harus segera dihilangkan dengan menggunakan cara tertentu untuk kembali pada organ kewanitaan yang sehat dan normal. Beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk menghilangkan masalah ini pada anda.

keputihan2

1. Fenugreek

Biji fenugreek atau biji klabet merupakan tanaman ynag cukup asing di telinga masyarakat kita. Akan tetapi bila anda menjumpainya di sekitar rumah, anda bisa menggunakannya sebagai obat penghilang keputihan yang alami. Biji fenugreek terbukti meningkatkan jumlah pH dalam vagina yang bisa menurunkan risiko terhadap masalah ini. Rendam 1 sendok makan biji fenugreek selama sehari penuh, saring airnya dan minum air rendaman tersebut setiap hari untuk mencegah keputihan datang kembali.

2. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bukan hanya melezatkan masakan, bawang putih juga digunakan secara turun-temurun sebagai obat anti jamur dan anti bakteri. Untuk mendapatkan manfata bawang putih sebagai penghilang masalah ini dan rasa gatal di area vagina, cukup dengan rutin mengonsumsi bawang putih secara rutin, terutama jika anda bisa memakannya dalam kondisi mentah. Bawang putih mengandung senyawa aktif untuk mencegah bakteri masuk ke area kewanitaan anda.

3. Sambiloto

Daun sambiloto mudah dijumpai di Indonesia. Tidak ada yang meragukan banyaknya manfaat yang dikandung dalam daun sambiloto yang juga bisa digunakan sebagai penghilang keputihan alami. Rebuslah daun sambiloto dan minum air rebusan tersebut secara rutin untuk menghilangkan bakteri serta menurunkan risiko masalah ini secara tidak normal.

4. Daun Sirih

Sirih bahkan menjadi cara leluhur kita untuk menjaga daerah kewanitaan sejak zaman dulu. Selain baik dikonsumsi air rebusannya, daun sirih juga bisa digunakan sebagai antiseptik alami untuk mencuci vagina. Cucilah daerah intim menggunakan air rebusan daun sirih secara rutin, selain menghilangkan keputihan cara ini juga efektif menghilangkan bau tidak sedap pada oragn intim wanita.

5. Kunyit

Kunyit mengandung anti bakteri yang berfungsi juga untuk menghilangkan masalah ini yang membandel. Minum saja air perasan kunyit yang telah dicampurkan dengan madu secara rutin terutama menjelang masa menstruasi untuk hasil maksimal.

6. Konsumsi Pisang

Cara yang paling mudah untuk membantu menghilangkan keputhan adalah rajin mengonsumsi buah pisang setiap hari. Pisang akan membantu mengatasi gangguan pada organ reproduksi dengan cara menjaga kestabilan hormon di dalam tubuh. Selain itu, pisang juga kaya akan kandungan kalium yang membantu meningkatkan fungsi pencernaan.

7. Cuka Apel

Jika masalah ini disebabkan oleh bakteri, maka cuka merupakan bahan yang ampuh untuk mengatasi keputihan tersebut. Gunakan cuka sari apel untuk membantu menghilangkan keputihan yang dialami dengan cara mencampurkannya dengan air mineral dan madu. Ramuan ini efektif untuk mengatasi keputihan dengan meningkatkan jumlah bakteri baik serta memperbaiki keseimbangan pH dalam vagina.

Serangkaian cara diatas bisa digunakan untuk menghilangkan masalah ini dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita. Penggunaan bahan tersebut diyakini aman sehingga bisa dipakai secara rutin untuk mengatasi masalah ini. Semoga bermanfaat!